Sejarah

Keterpurukannya bangsa sejak terjadinya krisis tahun 1997 menjadikan Pondok Pesantren sangat urgent dan penting untuk dikembangkan dan diberdayakan sebagai lembaga pendidikan, pengembangan ajaran agama Islam, sebagai kutub pertahanan Islam, sebagai lembaga perjuangan dan da’wah, sebagai lembaga pemberdaya dan pengabdian masyarakat.

Pondok Pesantren Modern Daaru Ulil Albaab yang terletak di desa Kedungkelor Kecamatan Warureja KabupatenTegal, didirikan yang di perkasai oleh alumni Pondok Modern Gontor Ponorogo, sebagai bentuk pengabdian kepada almamaternya dan kepedulian terhadap pendidikan anak bangsa yang perlu peningkatan kualitas peran dan konstribusinya bagi kemajuan dan kesejahteraan bangsa lahir dan batin, serta mewujudkan tujuan pendidikan nasional untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Menyadari fungsi dan peran tersebut, Yayasan Daaru Ulil Albaab berupaya mewujudkan pondok pesantren yang representatif dimulai tanggal 19 Mei 1996 dan baru dioperasikan pada tanggal 18 Juli 1998.

Lahir dialam reformasi merupakan momentum bagi kemajuan dunia pendidikan terutama di daerah pantura pemalang – tegal keberadaan pondok pesantren ini Alhamdhulillah mulai dikenal masyarakat walaupun baru muncul. Untuk memperoleh informasi yang seimbang, kiranya masyarakat perlu juga mengetahui lembaga ini memulai penerbitan sendiri.

Pondok Pesantren Modern Daaru Ulil Albaab merupakan balai pendidikan modern yang memadukan sistem pendidikan pondok dan sekolah dan kajian pendidikan luar negeri telah berhasil dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas baik di persada nusantara.